Minggu, 27 Juni 2010

Bekisar sebagai hewan kesayangan/hiasan

Pengembangan usaha ternak pada komoditas-komoditas yang telah umum dilakukan sebagai penghasil utama daging, telur, susu, kulit dan sebagainya perlu terus didorong. Di samping produk-produk tersebut, belakangan telah berkembang usahaternak yang lebih menekankan kepada fungsi komoditas untuk kesayangan/ hiasan (pet animal). Saat ini di beberapa kota besar telah banyak bermunculan toko (tempat penjualan) yang khusus menjual beraneka ragam jenis hewan untuk hewan kesayangan/kesenangan keluarga, seperti kucing (berbulu indah), anjing (kerdil dan berbulu indah), ayam kate, burung dengan bulu indah dan suara merdu, ular, kurakura, dan masih banyak jenis-jenis yang lain.
Beberapa hewan yang tadinya masih harus diperoleh dari alam telah dicoba untuk dipelihara dan diternakkan sehingga menambah daftar nama ternak yang dapat dibudidayakan. Dengan demikian secara tidak langsung problem kepunahan hewan/ternak karena tekanan penangkapan/penggunaan dari alam secara berlebihan dapat dikurangi. Bahkan jika budidaya hewan tersebut dapat berkembang lebih maju lagi maka populasi yang ada di alam dapat tetap lestari dan penggunaannya untuk memenuhi kebutuhan manusia dapat dipenuhi hanya melalui budidaya dari populasi hewan yang berhasil dipelihara atau dibudidayakan tersebut.
Prinsip kehati-hatian dan pemanfaatan secara lestari keanekaragaman hayati merupakan tanggungjawab generasi sekarang terhadap generasi mendatang karena sumberdaya yang ada saat ini akan diwariskan kepada generasi yang akan datang. Sesuai dengan fungsinya untuk kesayangan, kelompok hewan/ternak ini dipelihara untuk dinikmati keindahan bulu atau bentuk tubuhnya, kemerduan suaranya, keunikan bentuk tubuh dan tingkah lakunya, dan lain-lain; yang biasanya dipelihara untuk menghilangkan kejenuhan dalam kehidupan sehari-hari dan menghilangkan stress sehingga sebenarnya melalui pemeliharaan hewan tersebut bisajadi kualitas hidup pemelihara menjadi meningkat dan akhirnya meningkatkan produktivitas kerja. Untuk keperluan demikian banyak kalangan yang pada akhir-akhir ini senang memelihara hewan/ternak tersebut.


Sumber:
ayambekisar.com