Rabu, 30 Juni 2010

Variasi harga ayam bekisar

Harga dari hewan/ternak tersebut sangat bervariasi tergantung dari nilai keindahan, kemerduan suara, keunikan, dan sebagainya akan tetapi pada umumnya relatif cukup mahal, terlebih jika hewan/ternak tersebut telah berhasil menjadi pemenang dalam suatu festival atau kontes, harganya akan meningkat dan bisa membuat banyak orang terheran heran. Dengan sistem harga yang cukup menarik dan peningkatan pendapatan masyarakat maka hewan/ternak kesenangan ini memiliki prospek yang cukup baik untuk dikembangkan.
Salah satu yang termasuk ke dalam golongan ternak hias/kesayangan dan sudah banyak disukai orang adalah ayam Bekisar. Ternak ini cukup populer ditunjukkan dengan semakin ramainya “pasar” Bekisar, bahkan kontes untuk adu suara telah sering dilakukan dan di beberapa daerah sudah secara rutin menyelenggarakan kontes Bekisar nasional. Ayam Bekisar banyak menarik minat karena keindahan suara kokok ayam jantannya ditunjang dengan keindahan warna bulunya.
Keunikan ayam Bekisar adalah merupakan ayam hasil persilangan antara ayam Hutan Hijau (Gallus varius) atau ayam Hutan Merah (Gallus gallus) jantan dengan ayam kampung/lokal (Gallus domesticus) betina. Persilangan di antara kedua jenis ayam tersebut relatif tidak mudah, memerlukan metode tertentu dan sedikit ketrampilan. Selalu diperlukan ayam Hutan jantan untuk membentuk ayam Bekisar yang pada umumnya berasal dari penangkapan di alam. Bila keadaan demikian berlanjut terus maka dapat mengganggu populasi ayam Hutan di alam sehingga perlu dipikirkan upaya untuk melakukan konservasi bagi ayam Hutan agar pembentukan ayam Bekisar dapat berlangsung terus.

Sumber:
ayambekisar.com